Baby Wrap atau Baby Carrier?

Jaman sekarang bawa bayi kemana2 memang ngga ada kendala, ada stroller, baby sling, gendong jarik, car seat dll. Nah yang sekarang harus dipikirkan adalah manakah yang paling baik untuk kenyamanan dan kesehatan bayi/balita. Sekarang sedang ngetrend Baby Wrap -gendongan kain elastis yang diubel2 dan diikat dibadan penggendong sehingga bayi tidak bertumpu pada badannya sendiri (biasanya pada pantat/pangkal paha) dan dipercaya lebih nyaman karena menyerupai pelukan kita. Dan yang kedua adalah Baby Carrier , atau lebih tepatnya Soft-structure Carrier. Bedanya dengan gendongan edisi sebelumnya adalah seperti Baby Wrap, gendongan ini fungsinya lebih pada mengeratkan posisi anak pada badan kita, dan bukan menyokongnya. Jadi badan anak tidak akan kelelahan atau kesakitan bila digendong lama.Keduanya nyaman untuk bayi dan penggendong, sehingga kita bisa tetap beraktifitas meskipun menggendong si kecil.

Nah pertanyaannya, mending pake Baby Wrap atau Baby Carrier? Saya sendiri belum bisa jawab, karena belum punya dan sedang survey. Mau beli dua juga ga mungkin, beli satu aja masih menganga liat haganya. Dan inilah analisa saya:

 

Source: Sleepy Wrap

BABY WRAP

  1. Bisa digunakan sejk bayi baru lahir (bahkan untuk bayi prematur sangat dianjurkan) hingga usia 24 bulan
  2. Dengan ukuran kain yang sangat panjang (+/- 2m) bisa digunakan berbagai model gendongan mulai gendongan tidur untuk bayi baru lahir sampai model gendongan duduk untuk anak yang lebih besar. Namun tidak disarankan menggendong dengan di dada dengan bayi menghadap depan (sukaannya Mozi) atau di punggung.
  3. Bisa untuk menggendong sambil menyusui atau bayi yang sedang tidur
  4. Kalo menurutku bisa serbaguna untuk selimut kalo bayi tidur dalam perjalanan, untuk alas tidur, untuk nursing cover dll
  5. Bisa dilipat kedalam tas (meskipun lipatannya gede juga kira2 segede kamus Oxford, tapi ga seberat itu)
  6. Kudu banyak latian cara mengikat2 nya karena memang agak rumit kalo belum terbiasa
  7. Udah ada versi lokal-nya bow jadi murce
  8. Kalo udah ga dipake bisa dijahit jadi baju kali ya 😀

Source: Boba Baby Carrier

BABY CARRIER

  1. Baik digunakan untuk anak yang sudah lebih besar kira-kira 7.5kg s/d 20kg
  2. Bisa digunakan untuk gendong punggung dan gendong depan
  3. Memilikisandaran kaki, sehingga bayi nyaman digendong dalam posisi tegak sambil berjalan2 (bahkan bila ia tertidur)
  4. Nggak bisa dibuat gendong posisi tidur atau menyusui
  5. Bisa dilipat kecil untuk dimasukkan ke dalam tas
  6. Nggak perlu diikat2, tinggal dipanggul dan dikenakan tali pengamannya seperti backpack
  7. Sangat cocok untuk travelling dan jalan jauh

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s