Tentang Potty (warning: explicit languages)

POTTY TRAINING
Kurang tau juga umur berapa bayi sudah mulai diajari Potty Training alias belajar pipis/pup di toilet.Yang pasti aku sendiri masih belum pede ngajarin Mozi pipis di toilet (tatur), bukan karena Mozinya, tapi karena akunya ngerasa belum mampu; belum mampu mendeteksi kapan Mozi mau pipis, belum mampu kalo setiap malem sebelum tidur harus nungguin dia di toilet biar ga ngompol di kasur, belum mampu bawa dia ke toilet setiap satu jam setelah minum (minum apapun). Yah minimal aku selalu bisa mendeteksi kapan dia pipis (aftermath) karena dia di rumah ga pake popok-tahan-lama, jadi tiap pipis pasti ketahuan basahnya.

 

Nah kalo untuk pup ini Alhamdulillah sudah mulai. Niatnya nggak terlalu muluk2 mewajibkan Mozi pup di pispot, tapi supaya dia lebih nyaman dalam posisi duduk di pispot, lebih nyaman karena celananya ga kotor dan kitanya lebih nyaman bersihin pake air sampe bersih. Jadi ceritanya, alkisah waktu Mozi umur 4-5 bulanan dia pernah semingguan ga pup (padahal masih minum asi), nah pas dia keliatan ngeden2 itu aku pengeeeeen banget bantuin. Apalagi waktu itu dia belum pinter ngeden jadi kadang2 malah jadi muntah (salah yang dikeluarin). Jadinya paling aku pijet2 perutnya, aku gendong2 posisi duduk, dan pengennya sih sekalian aja aku posisikan dia di toilet, tapi kan dia masih kecil banget belum bisa tegak, entar malah kecemplung lagi.

 

P1053856

MEMILIH MODEL PISPOT
Putar2 otak, diskusi sana sini, akhirnya kita putuskan beli pispot/toilet seat. Nah pertanyaannya beli yang model gimana?

  • Ada yang model dudukan toilet mini yang dipasang ke toilet biasa, fungsinya ya untuk mengecilkan lubang toilet sehingga balita lebih nyaman duduk diatasnya. Tapi ya itu tadi, posisinya tinggi (seukuran kita), nggak bisa sandar (kan jauh) tapi kalo bayinya mau digendong/dipegangi sih bisa aja (pikirku). Jadi memang idealnya ini untuk anak balita yang sudah bisa duduk sendiri dan jaga keseimbangan di atasnya, itu pun masih perlu panjatan untuk naik keatasnya.
  • Ada yang model pispot duduk simpel kayak ember, bagusnya anak bisa duduk sendiri dengan kaki menjejak ke lantai, tapi lagi2 nggak ada sandarannya jadi lebih cocok untuk anak yang udah bisa duduk tegak
  • Nah terus aku nemu juga pispot duduk yang model bebek2an, jadi anak duduk sambil pegangan kepala bebek gitu. Modelnya ada macem2 sih, mobil2an, anjing2an dll. Jadi memang lebih seimbang karena anak bisa pegangan ke depan, lagian anak jadi lebih seneng kali ya kayak maen kuda2an. Tapi masih belum cocok untuk anak yang belum bisa duduk tegak/pegangan kuat
  • Nah terus ada juga pispot duduk model kursi yang nggak pake pegangan di depan tapi ada sandaran sekaligus pegangan di kanan kiri. Lumayan untuk menyangga punggung dan sisi kanan-kirinya supaya nggak ngguling. Tapi ini pun anaknya minimal sudah harus bisa tahan dalam posisi duduk bersandar dan ga melorot.

Akhirnya pas umur 5 bulanan itu kami malah beli yang model toilet seat dulu (biasanya toilet duduk dulu baru kalo udah gedean pake toilet seat dipasang ke toilet dewasa). Waktu itu pertimbangannya adalah, toh mozi masih digendong dan dipegangi punggung dan kakinya diatas toilet, jadi toilet seat ini lumayan praktis untuk menahan berat badan dan empuk buat duduk. Lagian kan nanti bisa dipake sampe gedean dikit.

 

Tapi selepas umur 7 bulan pas dia udah bisa duduk tegak sendiri, susah juga pegangin dia diatas toilet; dia maunya duduk sendiri dan berusaha sandar kebelakang, jadi makin bahaya. Akhirnya kita beli deh yang model kursi dengan sandaran. Setiap Mozi keliatan sedang konsentrasi, langsung diangkat ke pispotnya (mozi cuma bisa diem kalo lagi konsentrasi mau pup). Kita pasang pispot di dekat kotak mainannya beres deh, dia lumayan betah duduk di pispotnya. Lebih repot sih kudu bersihin pot-nya afterward tapi model ini potnya bisa dilepas dari kursinya kok, jadi ga usah gotong2 pispot guede ke kamar mandi.

 

P2044054

MEMBERSIHKAN
Nah kalo bersih2 setelah pupnya itu yang rada tricky, sampe sekarang masih belum ada cara yang dipatenkan. Jadi ya tergantung sapa yang lagi nganter mozi ke toilet/pispot. Kalo sama aku, aku lebih suka besihin dibawah air mengalir, jadi anaknya aku pegangin berdiri dibawah keran, dilap anduk, dikasih minyak beres deh. Kalo sama neneknya dicebokin pake shower/gayung. Kalo bapaknya atau akungnya ga berani bersihin sambil gendong jadi kayak bayi lagi deh ditengkurepin di baby tafel terus dilap pake waslap/kapas basah. Yah yang penting bersih deh. Mozi juga kayaknya udah biasa dengan gaya masing2 babysitternya.

Happy Potty Training

Advertisements

7 thoughts on “Tentang Potty (warning: explicit languages)

  1. Wih pinternya mozi dah bisa pupup sendiri .. Emang umur2 segini sdh harus dibiasain ya rit? Aku kok blm mikir barblas ke arah situ yo… *telat*

  2. wah aku baru liat potty yg ada sandarannya ini (ndeso). kerennnn… pup bisa sambil leyeh2 gitu, hahaha… belinya di mana ya? soalnya selama ini kiara kalo udah mulai ngeden2 biasanya langsung digotong ke closet duduk di kamar mandi (tanpa alas potty apapun :p) jd harus dipegangi, dan yg megangi hrs kuat nahan bau :D. cara membersihkan kiara idem caramu, berdiri di bawah air kran mengalir, lap handuk, minyak telon, pake celana. nah ini pispot bisa dibeli di toko online-kah?

  3. @ ina : kayake sih ga harus umur segini in, mesti agak gedean. tapi ini biar mozi lebih enak aja posisinya@ mbak icha: aku lho ini beli di center point -nya MOG mbak. tempat grosiran barang2 bayi paling juga ada. harganya juga ga mahal. kalo megangin mozi diatas closet ga ada yang kuat sama mulet2nya yg sekuat tenaga 😀

  4. wah emang aku ga pernah blusukan ke mal apalagi ITC, jd ga pernah nemu potty yg bs dipake sambil nyender gitu :). bener2 berguna ya kalo buat mozi, dasar bocahe ga iso meneng & tenaga super power gitu (masih inget rasanya nggendong mozi trus aku dipeneki, sikile nek mancal jan muantep! :D).

  5. Hihi jadi inget potty nya Adit jaman dulu, model bebek-bebekan.Itu pun dapetnya ga sengaja pas lagi main ke manaaa gitu hihihiOia, kalo bljr pipis sndiri sih, Nyokap mulai ngajarin Adit wkt itu pas umur setahun setengah deh klo ga salah.Pokoknya pas Adit udah mulai ngoceh" gt deh.Tp itu juga Nyokap dulu yang nge waktu in.Jadi tiap jam tertentu, si Adit di tatur buat pipis sembari diajak ngmng klo mau berasa pipis, suruh bilang ke kita biar kita bs anter ke kamar mandi.Yaa, mungkin itu bisa membantu dalam rangka melatih Mozi 🙂

    • Hi pops,
      kalo aku dulu beli potty nya di mall (hypermarket biasanya ada kok)
      tapi ada temanku yang pernah beli online disini : 081310623755
      semoga berhasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s