Abroad with Baby

Ngajak bayi ke mall sudah lulus, berikutnya ke luar kota akhirnya lulus juga dengan perjuangan berat, sekarang giliran ke luar negeri…waduh kebayang deh repot dan stresnya. Tapi the show must go on, kudu dibawa fun aja nyiapinnya. Pertama yang pasti menetapkan agenda perjalanan, berapa lama, tanggal berapa, kemana dll. Berikutnya survey kondisi di tempat tujuan seperti cuaca, musim, suhu, penerbangan, fasilitas umum, hotel, fasilitas menyusui dan tujuan wisata anak kecil lainnya. Baru deh berikutnya mendaftar kebutuhan dan barang bawaan yang ga boleh sampe ketinggalan. Berikut ini daftarku, sekalian untuk ngecek kalo2 ada yang kelewat

ADMINISTRASI

Jangan lupa, tidak seperti pergi ke luar kota, untuk ke luar negeri si kecil sudah dihitung sebagai 1 orang. Jadi kudu disiapkan paspornya, visa (biasanya hanya menyertakan akta lahir saja), tempat duduk di pesawat bila si kecil bisa duduk sendiri atau bassinet untuk bayi dibawah 2 tahun supaya ia memiliki ruang sendiri. Pastikan bagasi yang disediakan sesuai dengan barang bawaan anda. Mungkin juga memesan baby cot alias tempat tidur bayi di hotel.

P7115924

PAKAIAN

Untuk pakaian nggak ada istilah ‘terlalu banyak’, karena untuk sikecil semakin sering ganti baju semakin bagus. Apalagi kalo udara panas dan si kecil yang aktif mudah kegerahan.

Baju tidur, Baju pergi, jaket, topi, popok, singlet, kaus kaki, sepatu, selimut, alas tidur,

MAKANAN

Kemanapun kita pergi kita ngga bisa memastikan makanan di tempat tujuan akan sesuai dengan diet si keci. Jadi apapun yang terjadi siap2 bawa bahan makanan dari rumah emang lebih baik.Berikut beberapa yang bisa dipertimbangkan

Bubur bayi siap makan (bila dikehendaki), bubur instan, havermouth, beras, telur rebus, keju, pasta, roti, snack, kentang, sayuran, buah, dan tentunya susu bayi. Untuk peralatannya yang pasti alat makan, pisau dan alat masak bila memungkinkan untuk memasak, slowcooker atau rice cooker bila dikehendaki.

PERLENGKAPAN

Untuk bayi dan anak kecil suasana yang nyaman adalah suasana yang paling terasa seperti di rumah. Untuk itu ga ada salahnya untuk membawa perlengkapan untuk menunjang kenyamannyana. Stroller dan gendongn untuk jalan2, kasur lipat bila memungkinkan, bak mandi portable atau tiup yang bisa dibawa kemana saja, bantal, mainan favoritnya yang juga akan berguna untuk menyibukkannya selama perjalanan, peralatan breast pump bila diperlukan, perlengkapan botol susu dan sterilizernya bila perlu, termos air panas

P7115920

KOSMETIK dan OBAT

Kayak ibunya, si baby juga mesti lengkap alat lenongnya, terutama obat2an. Karena belum tentu dia akan cocok dengan produk yang didapat di tempat tujuan.

Minyak telon, minyak kayu putih, baby oil, sabun, shampo, tisu kering, tisu basah, kapas, cotton bud

Obat luka, obat memar, obat batuk, obat sakit perut, obat alergi, obat panas, obat pelega pernafasan

 

Pesan terakhir (untukku juga): hadapilah dengan santai, anggaplah si kecil juga excited dengan tantangan baru ini. Supaya packing nggak panik, aku punya strategi jitu yaitu; menyiapkan koper dan tas pergi berbulan2 sebelumnya. Biarkan terbuka di kamar atau gudang dan cemplungkan semua barang yang diperlukan sewaktu2 ibu ingat atau sempat. Nggak kerasa perlengkapan sudah terkumpul semua tinggal menata ulang sambil mengecek daftar dan memasukkan yang kurang2.

Bon Voyage!

 

Advertisements

One thought on “Abroad with Baby

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s