Toddler without Tantrum?

Img_0235

Aku nggak punya pedoman khusus dalam parenting, nggak fully manut sama cara tradisional orang tua, tapi juga nggak sepenuhnya nurut sama artikel2 parenting moderen yang banyak beredar di internet, buku dan seminar2. Aku cuma menyerap dari lingkungan aja, melihat dari parenting ortu, dari tante2, dari teman2, bahkan dari ibu2 yang aku lihat di bis. Dari situ aku menetapkan hati, mana yang kayaknya sesuai dengan prinsipku, mana yang sebisa mungkin aku hindari. Jadi kadang kalo harus mendefinisikan prinsip parenting-ku aku ga bisa, sampai aku baca artikel ini pagi tadi.

Artikelnya tentang Suri Cruise yang terkenal stylish, manis dan super sugih itu ternyata sama seperti anak2 lainnya; bisa tantrum juga di depan umum. Di artikel itu sih cuma dibahas tingkah laku dan fakta2 sensasional tentang anak seleb ini, tapi di comment nya ada seorang profesional (sepertinya) yang memberi sedikit penjelasan yang masuk banget di kepalaku : 

Richard V. Daly, III, LCSW of Parenting Greatness Middletown,Ct Posted at 1:03 AM December 18, 2011
Suri is obviously being trained to tantrum which is the norm today. Hollywood children and all children who are overindulged and placated like Suri grow up to have the same problems that you see with most celebrity children…Lindsay Lohan…Nicole Richie…Paris Hilton…who have all been eventually held accountable by a higher level of parental authority…The California based prison system…… Every time a parent caves to this type of behavior guarantees it will continue and it will grow. The keys to a well adjusted childhood are simple…don’t over indulge…kids learn more from earning…don’t cave in to tantrums..it perpetuates them….assign regular scheduled household responsibilities without direct compensation….Chores that are completed daily over time increase a child’s since of self worth based on contribution to ones family and prepares them for the rigors of adult independence…Have you prepared YOUR child?

Read more: http://www.news.com.au/features/christmas/suri-cruise-throws-temper-tantrum-in-new-york-toy-store/story-fn77atzo-1226223931237#ixzz1h8HodLvW

Aku nggak sepenuhnya setuju dengan gaya parenting western yang kayaknya memberi keleluasaan penuh pada anak bahkan terkesan ignorant. Apalagi setelah membaca sekilas dalam “Battle Hymn of the Tiger Mother” dimana dia menceritakan bahwa kebebasan yang diberikan kepada anak2 barat itu kebanyakan menghasilkan anak2 yang keras kepala, susah diatur dan pemberontak. Ironisnya, anak2 Chinese Immigrant yang ditempa dengan disiplin malah jadi lebih ambisius dan sukses (secara akademis). Tapi dari penjelasan sekelumit Mr. Daly diatas aku akhirnya menemukan parenting ground-ku ; Memperlakukan anak sebagai subyek dalam keluarga, bukan obyek. 

Aku nggak pengen menganggap seorang anak (terutama setelah dia bisa memahami dan berkomunikasi) sebagai fokus satu2nya dalam keluarga, dimana semua orang akan melakukan dan berkorban apa saja demi kesenangannya. Di mataku (mungkin juga di mata orang tuaku) seorang anak, sama seperti ibu dan ayah, adalah salah satu anggota dan pelaku dalam sebuah keluarga yang memiliki peran dan tanggung jawab juga. Mulai dari kewajiban menjaga kerapian mainannya, sampai kewajiban menjaga perasaan sesama anggota keluarga. Ini yang pengen aku tanamkan pada anakku, bahwa seperti dia, orang tuanya juga memiliki emosi, rasa lelah, kebutuhan lain dan kepentingan lain selain dirinya. Sounds tough memang, dan sepertinya Mozi harus memahami ini pada usia yang sangat dini dengan kondisi kami yang sering berubah2. Tapi aku harus selalu mengingatkan diri, bahwa apapun kondisinya aku harus memastikan bahwa dia tau kalo orang tuanya akan selalu ada untuknya. Bahkan saat dia histeris karena harus pindah rumah. Bahkan saat ibunya nggak bisa gendong karena kecapekan. Bahkan saat ibunya marah karena dia merusak barang.
Leave a Reply

