Tentang Demam si Mozi

Yasudahlahya namanya anak demam itu kayak chocochips nya GoodTime…..selalu muncul dalam setiap gigitan. Alias langganan…..gak ada lo gak rame dah.

Udah 2 tahun lebih ngalami anak demam, ternyata masih adaa aja hal2 baru yang aku pelajari. Secara anakku ini tipe anak yang dinamis, bukan hanya tingkah polahnya, tapi juga sindrom sakitnya. Setiap demam memiliki penyebab yang berbeda2 dan perlu penanganan yang berbeda2 pula. Gak ada rumus yang pakem untuk menangani sakit si Mozi. Jadilah UGD RS Bunda sudah kayak jadi jujugan andalan keluarga.

Adapun yang aku pelajari dari sakit demam (disertai batpil) nya si Mozi adalah:

1. PERLU BANGET termometer infrared, anaknya ga betah diem. Padahal…
2. Ngukur demamnya kudu minimal 10 menit sekali karena..
3. Demam diatas 37,5 udah harus dikasih obat paracetamol karena…
4. Mozi punya riwayat kejang, yang tanda2nya adalah…
5. Panas diatas 38, badan menggingil, meracau, sering terkejut
6. Nah kalo udah 39 kudu dikasih obat panas dari pantat (ada dokter yang kasih cairan, ada yang kasih pil)
7. Kasih paracetamol boleh diulang 4 jam sekali setiap panasnya mengkhawatirkan
8. Kalo untuk aman dokter kasihnya Sanmol, tapi kadang kurang mempan (turunnya lama) sehingga
9. Dokter kadang menyelingi dengan Proris (tapi karena lebih keras jadi ga boleh sering2)
10. Selama panas kudu sebisa mungkin dikompres air anget di lipatan badan, dan…
11. Minum sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi yang bisa dideteksi dengan….
12. Mengamati warna pipis yang kuning tua, atau jumlah pipis yang nggak banyak (makanya kalo di RS pampers bekasnya ditimbang)
13. Panas yang mendadak tinggi dan tidak turun dalam 2-3 hari biasanya disebabkan infeksi virus (bukan bakteri)
14. Dengan stamina yang baik (makan bagus, buang air bagus) mestinya bisa sembuh sendiri dalam 3×24 jam
15. Kalo lebih dari 3×24 jam kudu diperiksa adanya penyakit lain yang lebih serius
16. Nah kalo panasnya cuma 1-2 hari aja bisa jadi karena mau tumbuh gigi :p
17. Berendam air panas BERGUNA BANGET untuk bikin anak seger, membuka pori2 dan mengeluarkan panas tubuh oh iya dan mengencerkan lendir hidung sehingga nafas lebih lega
18. Sebelum memasuki 3 hari, biasanya dokter akan menanyakan gejala lain yg menyertai panas; batuk, pilek, mencert dll. dan membuat diagnosa sementara dari situ (beserta resep untuk mengobati gejala tsb)
19. Dari situ kita ortunya mestinya udah bisa nebak diagnosa dan obat yang akan diberikan. Seharunya sebelum 3 hari nggak akan dikasih antibiotik
20. Kalo udah memasuki 3 hari baru deh kudu tes darah dan kultur macem2 untuk memastikan penyebab demam dengan pasti (DB/infeksi/malaria/cacar/dll)
21. Untuk batpil lebih dari 3 hari yang disertai lendir kehijauan biasanya Mozi langsung dikasih antibiotik karena suspek bakteri
22. Batpil tanpa demam, tanpa lendir dan lebih dari seminggu biasanya dicetuskam alergi

DISCLAIMER:
Catatatn diatas adalah untuk kasus anak saya si Mozi umur 2 tahun 6 bulan dengan riwayat kejang, alergi dingin/debu tanpa riwayat asma dan?? TBC. Jadi nggak bisa dijadikan patokan untuk anak lain. Tapi mungkin bisa dijadikan referensi supaya ortu lebih tenang menghadapi demam anak yang gejalanya berbeda2.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s