Mom in training

Jadi ibu itu, yang nyambi kerja ato enggak, kerjaan paling rumit sedunia. Nggak ada resep nggak ada manual guide-nya, tapi di lain pihak gak boleh salah juga. No room for error (plenty room for guilt, though).

Jadi ibu 1 anak dengan 1 kerjaan yang ecek2 gini aja aku udah jungkir balik kayak akrobat sirkus, aku ga kebayang dengan ibu2 selebritis yang pasti kerjaannya lebih demanding dan anaknya lebih dari satu. And I’m talking about those women who really take care of their family, not just delegating all her home duties to her servant/mother. Apalagi perempuan2 di negara barat yang susah pembantu dan jarang pake kendaraan pribadi.

Yang sering aku baca di artikel2 majalah, ato novel sih mereka kayak kita juga. They juggle. Meskipun beberapa ibu nggak mau dibilang juggling with her family, tapi itulah analogi yang paling mewakili. Kita seperti dituntut untuk menangani semua hal dengan benar dalam satu waktu. Penggambaran yang paling pas ya Sarah Jessica Parker di ‘I don’t know how she does it’

Panic, Manic, hectic, nerve-wrecking adalah kata2 yang sering kita gunakan untuk menggambarkan keseharian seorang ibu. Waktu seakan berjalan begitu cepat, kerjaan seperti nggak ada habisnya, istirahat adalah waktu yang sangat langka. Sounds familiar kan ya. Nggak peduli udah di planning seberapa mateng selalu adaa aja yang mleset, semrawut dan akhirnya grusa-grusu lagi, grabak-grubuk lagi. Cerita lama…

Mau liat pengalaman emak sendiri lah, cerita temen, cerita ibu2 lain, sama aja…..nggak ada resep yang pakem untuk mengatasi kerjaan rumah dan kerjaan kantor dengan lebih teratur…….sampe aku menemukan blog-nya Gwyneth Paltrow. Orang2 seperti dialah yang aku kagumi karena hidupnya yang nampak berhasil menyeimbangkan kerjaan dan perhatian ke keluarga. Dia membagi cerita keseharian dan tips2nya mengatasi hari2 yang sibuk. Tapi bukan cerita dia pribadi yang bikin aku terpana, tapi cerita temennya Juliet de Baubigny – seorang ibu 3 anak dengan 2 pekerjaan di sebuah financing office yang sukses. Kebayang cewek2 Manhattan yang necis2 itu. But this one has 3 kids and really tend to them.

Trik2nya dalam memampatkan berbagai kegiatan dalam satu haru nampak begitu efektif. Okelah panik dan hectic tidak akan terhindarkan, apalagi dengan keberadaan precil2, tapi dengan manajemen dan strateginya meng-organisir segala hal itu memperkecil kemungkinan eror dan memudahkan kita menjalani keseharian bahkan mendelegasikannya kepada orang lain kalo memang kita berhalangan. Jadi ngga semua2 harus ibu yang menangani.

Image

This may freak you out (I did) but this really does the trick to save time. Think about it:

1. Membuat spreadsheet (yes she does it in excel) untuk jadwal harian, mingguan dan bulanan sehingga bisa saling mengingatkan dan gak ada yang kelewat. Jadwal ini di print out dan dipasang di bulettin board yang dipasang di dapur/ruang makan yang mudah dilihat semua orang

2. Dia juga membuat daftar isi tas sekolah setiap anak, tas menginap kalo ada yang mau sleepover, tas liburan untuk seluruh keluarga kalo mereka pergi berlibur. Dengan begitu siapapun (bapaknya, nany-nya atau bahkan anaknya sendiri) bisa bantuin beberes kalo mau packing. Daftar ini di-print dan dimasukkan folder khusus yang diletakkan di dapur. Semacam guide book to everyday life.

3. Dia membuat daftar birthdays and holidays dan siapa aja yang harus dikasih kado tahun itu dan MEMBELI langsung seluruhnya. Kado2 itu dimasukkan tas plastik transparan yang diberi label nama masing2. Jadi sewaktu2 ultah si A datang, tinggal ambil dan dikasih deh. Nggak ada ribet2 belanja kado last minute ato malah kelupaan.

4. Nggak ada ceritanya ngasih kado tanpa kartu ucapan untuk seorang ‘Perfect Mother’. Jadi dia punya berlusin2 kartu ucapan yang dimasukkan dalam folder berdasarkan kategorinya ‘Kartu Ultah Anak’ ‘Kartu Natal Dewasa’ dll. Amazing eh?

5. Makanan sarapan disiapin seminggu sebelumnya. Dia bikin makanan2 pre-made yang mudah disiapkan setiap pagi seperti oat-bar, caseroll ato mungkin kalo kita bisa bikin nugget, ato telur rebus gitu kali ya. Lumayan bisa dimasukin lunch-box juga

Image

6. Kalo masalah masak memasak si ibu ini juga bikin daftar menu mingguan dan pesen ke grocery-nya untuk mengantar bahan mentah sesuai daftar setiap hari. Tapi kalo kita mungkin bisa mengandalkan tukang sayur keliling atau nyetok mingguan di kulkas kali ya.

7. Untuk family time dia selalu mengantar anak2nya sendiri ke sekolah, menyempatkan seminggu sekali dinner dengan suami, dan setiap hari minggu masak bersama dengan anak2nya. Setiap hari harus ada minimal 2jam untuk masing2 anak dan suaminya. kalo kurang dari itu berarti dia overwork. Gilak ya

8. Kalo kerjaan dia pokoknya tau beres. Sampe kantor asisten-nya udah siap dengan jadwal hari ini jadi dia tinggal dateng ke meeting ini, telpon itu, ngemail ini, tanda tangan itu. Bahkan di mobil pun sebisa mungkin do something, dia bawa daftar orang2 yang perlu di telp hari itu dan membalas email2.

9. Saking ga mau buang waktu, dan pengen semua beres. Bahkan dia punya jadwal ketemu stylist setahun 4 kali untuk mengorganisir koleksi bajunya supaya tetep up-to-date dan siap dengan rumus mix-match untuk setiap ocassion season itu. Dan karena dia ngerasa shopping is a waste of time, jadi dia tinggal minta list item fashion apa aja yang must-have dan shopping semuanya online ato minta si stylist anter ke rumah. Pantesan orang2 itu selalu chic dimanapun berada bahkan dalam kondisi panik sekalipun.

10. Hal itu berlaku dengan jadwal cek-up dokter, jadwal potong rambut, jadwal spa dan jadwal2 rutin lainnya. Dia menjadwalkan semuanya dalam satu hari untuk dia dan anak2nya, jadi dia ga perlu bolak-balik ijin keluar kantor. Semua beres dalam satu hari. Bahkan untuk jadwal salonnya sendiri dia punya langganan yang bisa bikin paket perawatan 70menit mulai dari creambath, spa, massage sampe mani-pedi. Not relaxing but effective katanya. No doubt woman!

Jadi kalo sampe aku ketemu orang ini dan melihatnya jungkir balik ngurusi kerjaan dan keluarga tapi tetep stylish, anak2nya terawat dan gak pernah lupa detail2 kecil seperti bingkisan dan kartu ucapan. Aku nggak akan kaget. It is not without planning.

IMG_7429

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s